Senin, 26 Juli 2010

Daftar Nama Penyakit Saluran Pernapasan dan Penyebabnya

no Nama penyakit Penyebab ciriciri
  Infeksi saluran napas atas adalah penyakit infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan, hidung, sinus, faring, atau laring. Sebagian besar virus, bakteri jarang sesak nafas, batuk atau rasa sesak di dada, bunyi mengi ketika bernafas.
  Asma Makanan, serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan aktifitas sesak nafas, batuk atau rasa sesak di dada, bunyi mengi ketika bernafas.
  Tuberkulosis    (TBC)  bakteri kompleks Mycobacterium tuberculosis. nyeri dada , batuk darah ,batuk produktif lebih dari tiga minggu. gejala sistemik demam , menggigil , berkeringat, di malam hari.
  Riniti Upper respiratory infection Infeksi pernafasan atas Common coldFlu FluHay fever Alergi serbuk bunga Bacterial infections Infeksi bakteri
Certain medications Obat tertentu
Hidung berair, hidung tersumbat, post-nasal drip, gatal di hidung dan rongga mulut, bersin-bersin.Mata merah, gatal dan berair.Riwayat atopi dalam keluarga (asma, dermatitis atopi, rinitis alergi). Petanda atopi.
Sekret hidung bening dan cair..
  Faringitis virus pernafasan seperti rhinovirus, coronavirus, adenovirus, influenza, dan virus parainfluenza. Sakit tenggorokan dan sedikit kesulitan dalam menelan. .demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, pilek, dan batuk. Air liur berlebihan, sakit sekitar leher
  Laringitis paling sering virus Suara parau, demam, batuk, pilek. disertai batuk dan pilek dan sesak
  Bronkitis Virus paling sering, bakteri, jamur , alergi  Batuk, demam, kadang disertai pilek, mual dan muntah.
Infeksi saluran napas atas
Infeksi saluran napas atas dalam bahasa Indonesia juga di kenal sebagai ISPA (Infeksi Saluran naPas Atas) atau URI dalam bahasa Inggris adalah penyakit infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan, hidung, sinus, faring, atau laring. Tanda dan gejala dari ISPA adalah badan pegal pegal (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, sakit pada tengorokan. Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus. Diagnosis yang termasuk dalam keadaan ini adalah, rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan laryngitis.
Terapi yg diberikan pada penyakit ini biasanya pemberian antibiotik walaupun kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian obat obatan. Pemberian antibiotik tidak dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini dibandingkan hanya pemberian obat obatan untuk gejalanya. Karena infeksi virus akan sembuh sendiri.  Pemberian antibiotika hanya bila penyebabnya bakteri. Pemberian, pemilihan antibiotik pada penyakit ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi resistensi kuman/baterial di kemudian hari.Ingus kuning dan hijau belum tentu harus diberi antibiotik karena gejala tersebut juga bisa disebabkan karena virus..

Faringitis
Gangguan tenggorokan yang paling umum, faringitis adalah peradangan akut atau kronis pharynx.  Ini tersebar luas di kalangan orang dewasa yang tinggal atau bekerja lingkungan industri atau sangat kering, gunakan suara mereka berlebihan, biasanya menggunakan tembakau atau alkohol, atau menderita sinusitis kronis, batuk terus-menerus, atau alergi.
Penyebab
Faringitis biasanya paling sering  disebabkan oleh virus pernafasan seperti rhinovirus, coronavirus, adenovirus, influenza, dan virus parainfluenza.  Kekhawatiran yang paling umum adalah infeksi karena kelompok A streptokokus betahemolytic, karena risiko, terkait dicegah demam rematik. Other common causes include Mycoplasma and Chlamydia. Penyebab umum lainnya termasuk Mycoplasma dan Chlamydia. Sejumlah bakteri lain, virus, jamur, dan spirochetes juga telah diidentifikasi sebagai agen etiologi. Mycobacterium tuberculosis merupakan penyebab faringitis langka.
Tanda dan gejala biasanya didapatkan adanya sakit tenggorokan dan sedikit kesulitan dalam menelan. Swallowing saliva is usually more painful than swallowing food. Menelan ludah biasanya lebih menyakitkan daripada menelan makanan. Faringitis juga dapat menyebabkan sensasi benjolan di tenggorokan serta mendesak, konstan menyakitkan hati menelan. Gejala lain mungkin termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, pilrk dan batuk. Bila tanpa komplikasi faringitis biasanya mereda dalam 3 sampai 10 hari.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More